Belajar Desain Grafis, Membangun Istana Dalam Gelas


Belajar Desain Grafis, Membangun Istana Dalam Gelas

Belajar Desain Grafis, Membangun Istana Dalam Gelas – Untuk membangun sebuah istana yang besar tentunya membutuhkan lahan dan modal yang besar pula sehingga tidak semua orang mampu melakukannya. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kreativitas manusia sekarang sudah banyak yang mencoba membuat taman kecil yang dilengkapi dengan pernak-perniknya yang diletakkan di dalam gelas, ada juga yang menggunakan toples kaca. Ini hanyalah sebuah seni yang disebut dengan terrarium. Memang tidak ada hubungan dengan istana besar dan juga tidak bisa ditempati oleh manusia.

Belajar desain grafis, istana dalam gelas

Kita juga akan membuat sebuah istana yang dilengkapi dengan pohon-pohon di dalam gelas yang kecil layaknya terrarium, selaku desainer tentunya kita mempunyai cara yang berbeda dalam berkreativitas. Pada tutorial kali ini kamu akan kami ajak untuk belajar desain grafis dengan membuat sebuah gambar unik, yaitu desain gambar istana di dalam gelas yang dilengkapi dengan air.

Sebelum memulai tutorial ini ada beberapa bahan yang perlu di download, yaitu:

Gambar Gelas

Gambar Istana

Foto Pepohonan

Water Brush

 

Setelah semua gambar di download selanjutnya dibuka menggunakan aplikasi adobe photoshop, begitu juga dengan Water Brush juga diimpor ke dalam aplikasi.

 

Impor Brush ke Photoshop Cuma 5 Kali Klik

 

Buat Lembar Kerja di Photoshop

Buatkan lembar kerja di Photoshop dengan cara memilih File>New atau menekan Ctrl+N pada keyboard. Untuk ukuran dapat menggunakan ukuran preset foto yang telah disediakan, gunakan ukuran 5×7.

1

 

 

Setelah membuat halaman kerja baru di sana akan muncul Background di panel layerKonversikan  Background tersebut menjadi sebuah layer dengan cara klik kanan pada Background kemudian memilih Layer from Background.

2

 

Buat Gradiasi Warna pada Background

Sekarang kita akan membuat gradiasi warna pada background gambar, klik pada ikon fx yang terdapat dibawah panel layer kemudian pilih Gradient Overlay…

 

3

 

Berikut adalah penampakan Gradien Overlay pada Photoshop, pilih Style dengan pilihan Radial dan atur nilai Angle menjadi 90°.

4

 

 

Klik pada bagian Gradient tepatnya dibagian gradiasi warna hitam dan putih kemudian atur warna tersebut menjadi dua warna yang sedikit lembut dan elegan, yaitu warna putih terang dan warna putih sedikit gelap. Kamu dapat menggunakan kode warna #ffffff untuk warna putih dan #efeeee untuk warna putih sedikit gelap. Jika sudah selesai jangan lupa klik OK

 

5

 

Baca Juga:

Tutorial Retro Style, Masa Lalu Itu Masih Terlihat Indah

 

Masukkan Gambar Gelas

Masukkan gambar gelas yang sudah dibuka denga Adobe Photoshop tadi ke halaman kerja, gunakan Move Tool (V) lalu drag gambar ke tengah-tengah halaman kerja. Gambar gelas yang didownload tersebut merupakan gambar berformat PNG dan tanpa background, sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk menghapus background.

 

Belajar Desain Grafis, istana dalam gelas

 

 

Masukkan Gambar Bagunan ke Dalam Gelas

Berhubung gambar bangunan yang di download masih ada backgroundnya, jadi harus dibuang background terlebih dahulu. Seleksi gambar menggunakan tool untuk seleksi, kami menggunakan Magic Selection Tool. Setelah membuat seleksi gunakan Move Tool (V) untuk memasukkan gambar bangunan ke dalam halaman kerja.

Belajar Desain Grafis, seleksi photoshop

 

 

Posisikan bangunan tersebut kedalam gelas, atur ukuran dan posisinya hingga kedudukannya pas di bagian dasar gelas. Posisikan juga layer bangunan ini (Layer 2) di bawah layer gelas (Layer 1).

8

 

Selanjutnya rapikan bagian gambar bangunan yang melewati batasan gelas dengan menggunakan Eraser Tool (E)

9

 

 

Belajar Desain Grafis

Bagian dasar gelas masih terlihat kosong tidak tertutupi oleh gambar bangunan, kamu dapat mengakali hal ini dengan menggunakan Clone Stamp Tool (S).

10

 

Setelah memilih Clone Stamp Tool kemudian klik pada bagian tanah di bawah bangunan sambil menekan Alt pada keyboard. Ini bertujuan untuk mengambil sampel untuk menutupi daerah yang masih kosong.

11

 

Tutupi daerah yang masih kosong secara rapi, ambil sampel yang sesuai dengan area yang akan ditutupi.

12

 

Lakukan dengan baik sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini.

Belajar Desain Grafis, istana dalam gelas

 

Baca Juga:

Art Photography, Grayscale in Full Colour

 

Masukkan Gambar Pepohonan

Gambar pepohonan yang telah di download tadi juga ikut dimasukkan ke dalam area kerja, letakkan layer pepohonan ini pada posisi paling bawah dan atur ukurannya yang sesuai.

14

 

 

Gunakan Eraser Tool (E) untuk menghapus bagian gambar yang keluar dari batasan gelas.

15

 

 

Rapikan gambar pepohonan di dalam gelas tersebut sehingga tampak seperti pada gambar berikut.

16

 

 

Tambahkan Efek Gelombang Air pada Permukaan Gelas

Sekarang kita akan menggunakan water brush yang telah di impor ke Photoshop tadi, sebelumnya buatkan layer baru terlebih dahulu dengan cara menekan Ctrl+Shift+N. Posisikan layer tersebut pada posisi paling atas.

 

17

 

 

Untuk mengaktifkan panel brush cukup menekan F5 pada keyboard, pilih jenis brush yang bergelombang seperti pada gambar di bawah. Sesuaikan juga ukurannya supaya tidak melewati batas gelas dan tidak terlalu kecil.

18

 

 

 

Belajar Desain Grafis: Efek Cahaya Realistis

Buatkan efek cahaya pada gelas supaya lebih terlihat realistis, gunakan Brush Tool (B) dan pilih warna foreground putih. Buatkan layer baru sebelum membuat efek cahaya, posisikan layer tersebut pada posisi paling atas. Selanjutnya usapkan brush pada kedua pinggiran gelas, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

 

19

 

Buat efek cahaya tersebut menjadi lebih lembut dengan cara memilih Filter>Blur>Gaussian Blur. Atur nilai radius menjadi 10 Pixels.

20

 

 

Membuat Efek Refleksi dengan Photoshop

Pada tutorial belajar desain grafis kali ini kita juga akan mempelajari cara membuat efek refleksi gelas, gabungkan semua layer menjadi satu kecuali layer background (layer 0). Cara menggabungkan layer yaitu dengan cara memblok semua layer yang akan digabung kemudian menekan Ctrl+E.

21

 

 

Duplikat layer yang sudah digabung dengan cara menekan Ctrl+J

22

 

Klik pada layer 10 kemudian tekan Ctrl+T untuk transformasi lalu pilih Flip Vertical

23

 

Maka gambar gelas hasil duplikasi akan terbalik seperti pada gambar di bawah. Turunkan Opacity layer yang dijadikan refleksi tersebut menjadi 50%.

24

 

Smoke Dispersion Effect dengan Photoshop

 

Hasil Belajar Desain Grafis Membangun Istana Dalam Gelas

Berikut ini adalah penampakan hasi akhir dari belajar desain grafis, membangun istana dalam gelas.

25

 

Sekian tutorial kali ini, terima kasih atas kunjungannya, semoga tutorial ini bermanfaat.

 

Salam Erat!

 

Share This:

2 comments on “Belajar Desain Grafis, Membangun Istana Dalam Gelas
  1. Why don’t we give this a try?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *