Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)


Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)

Photo manipulation atau manipulasi foto dengan photoshop menghasilkan foto dengan nilai seni yang tinggi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal para desainer harus kreatif dan punya imajinasi tinggi. Memanipulasi foto dengan Photoshop diperlukan perencanaan yang matang karena harus menyesuaikan antara konsep yang telah direncanakan dengan ketersediaan stok gambar yang relevan dengan konsep yang telah dirancang. Pada tutorial kali ini kami akan membagi cara mengedit foto manipulation dengan aplikasi photo editor nomor 1 di Dunia, yaitu Adobe Photoshop. Pada tutorial kali ini kita akan membuat foto unik dengan konsep istana di dalam piring, sebelum memulai ada beberapa file yang perlu di download, yaitu:

 

 

Piring

Istana

Balon Udara 1

Balon Udara 2

Rumput

Cloud brush

 

 

Download semua foto dan brush di atas, selanjutnya mari ikuti tutorial photoshop berikut ini.

 

 

Buat Dokumen Baru di Photoshop

Buka aplikasi Adobe Photoshop kemudian buatkan dokumen baru dengan cara menekan Ctrl+N, berikan ukuran file 5×7 Inc. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

1

 

Buat Layer Gradiasi

Buatkan layer gradiasi pada background supaya gambar lebih terlihat elegan, sebelum membuat gradiasi maka Background harus di konversikan ke dalam bentuk layer terlebih dahulu. Klik kanan pada layer background lalu pilih Layer from Background. Jika muncul jendela popup klik saja OK.

 

2

 

Selanjutnya klik pada ikon fx yang terdapat pada bagian bawah panel layer, kemudian pilih Gradient Overlay…

3

 

Buat pengaturan gradiasinya seperti yang terlihat pada gambar berikut, perhatikan pengaturan yang terdapat dalam kotak orange. Setelah membuat pengaturan sesuai dengan gambar selanjutnya klik OK, maka background akan berubah dengan efek gradiasi yang lembut.

4

 

 

Impor Foto Piring

Foto piring yang telah di download selanjutnya dibuka dengan Adobe Photoshop, sebelum mengimpor foto piring tersebut terlebih dahulu diseleksi untuk membuang background foto. Gunakan Quick Selection Tool untuk menyeleksi objek piring.

tutorial photoshop: seleksi

Gunakan Move Tool (V) kemudian drag gambar piring yang masih dalam keadaan terseleksi ke dalam halaman kerja.

6

 

 

Membuat Efek Bayangan dengan Photoshop

Pada tutorial Cara Mengedit Foto dengan Photoshop kali ini kita juga akan belajar cara membuat efek bayangan, yaitu bayangan piring. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard kemudian klik pada layer piring (layer 1) tepatnya di dalam area kotak pada layer tersebut. Proses ini bertujuan untuk membuat seleksi mengikuti bentuk piring, pastikan pada halaman kerja sudah terlihat seleksi yang mengikuti pinggiran piring.

7

 

 

Buat layer baru dan posisikan di bawah layer 1

8

 

Gunakan Paint Bucket Tool dan atur warna foreground dengan warna hitam, kemudian klik pada bagian dalam area seleksi. Proses ini bertujuan untuk membuat gambar berwarna hitam sesuai dengan bentuk seleksi, namun karena posisi layer 2 berada di bawah layer 1 maka hasilnya tidak terlihat karena tertutupi dengan piring.

9

 

Pilih Filter>Blur>Gaussian Blur, atur nilai radius menjadi 25 pixels. Selanjutnya klik OK maka akan terlihat gambar bayangan pada bagian bawah piring.

10

 

Atur gambar bayangan tersebut menjadi sedikit lebih besar menggunakan Move Tool (V)

11

 

 

Memasukkan Foto Rumput ke Dalam Piring

Buka foto rumput yang telah di download dengan aplikasi photoshop, kemudian drag ke dalam area kerja dam posisikan layernya paling atas. Pastikan rumput tersebut menutupi semua area piring. Tekan Ctrl+Klik pada layer 1 untuk membuat seleksi mengikuti pinggiran piring.

12

 

 

Klik kanan kemudian pilih Select Inverse kemudian tekan tombol Delete maka gambar rumput di luar lingkaran akan terhapus.

13

 

Gunakan Move Tool (V) kemudian atur ukuran rumput menjadi sedikit lebih kecil dari piring.

tutorial photoshop: menggabungkan gambar

 

Tekan Ctrl+L untuk mengatur tingkat kecerahan, kemudian atur nilai level seperti yang terlihat pada gambar berikut untuk membuat rumput menjadi lebih hijau.

14a

 

 

Impor Foto Istana

Buka foto istana yang telah di download dengan aplikasi adobe photoshop, kemduian seleksi foto tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut.

cara seleksi dengan photoshop

 

 

Gunakan Move Tool (V) kemudian drag foto istana ke dalam area kerja, posisikan tepat di tengah-tengah gambar piring.

16

 

Tekan Ctrl+T selanjutnya sambil menekan tombol Ctrl tarik sudut-sudut gambar hingga terbentuk bagian atas lebih lebar, jika sudah tekan enter.

17

 

Selanjutnya tutupi bagian bawah istana dengan rumput supaya terlihat lebih nyata, gunakan Clone Stamp Tool untuk menutupi gambar istana dengan rumput. Buatkan layer baru terlebih dahulu dan posisikan pada posisi paling atas.

18

 

Menggunakan Clone Stamp Tool terlebih dahulu mengambil sampel rumput dengan cara menekan Alt+Klik pada area rumput, kemudian usapkan brush stempel tersebut ke bagian bawah gambar istana.

19

 

 

Buat Efek Awan dengan Photoshop

File brush awan (cloud brush) yang telah di download kemudian di ekstrak dan di impor ke Photoshop. Jika belum mengetahui cara impor dapat membaca postingan Impor Brush ke Photoshop Cuma Lima Kali Klik. Buatkan layer baru untuk menempatkan awan-awan yang akan dibuat.

20

 

Pilih Brush Tool dan turunkan nilai Opacity menjadi 65%, kemudian buatkan awan pada bagian bawah istana seperti yang terlihat pada gambar berikut.

efek foto istana awan dengan photoshop

 

Buatkan layer baru dan posisikan di atas Layer 0

22

 

Naikkan kembali nilai Opacity brush menjadi 100% kemudian buatkan lagi awan di belakang istana. Kamu dapat mengkombinasikan pilihan brush awan yang tersedia.

23

Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)

 

 

Impor Gambar Balon Udara

Buka gambar balon udara yang pertama kemudian drag ke dalam area kerja, berhubung gambar ini  berformat PNG dengan background transparan jadi tidak perlu repot untuk menghapus background. Untuk gambar balon udara yang ke dua juga di impor ke dalam area kerja, namun sebelum diimpor balon harus di hapus background terlebih dahulu.

manipulasi photoshop

 

Hasil Akhir Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)

Duplikasi gambar balon udara yang telah diimpor ke area kerja menjadi beberapa balon dengan cara menekan Ctrl+J, kemudian atur ukurnnya besar kecilnya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)

 

Sampai tahapan ini tutorial photoshop  “Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)”  telah selesai, silahkan simpan proyeknya.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

 

Salam Erat!

Share This:

2 comments on “Cara Mengedit Foto Istana Dalam Piring (Photo Manipulation)
  1. tutorial89 berkata:

    sederhana tapi hasilnya keren juga yah. makasih tutorialnya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *