Teknik Panning Photography dengan Photoshop


Teknik Panning Photography dengan Photoshop

Panning photography merupakan salah satu teknik dalam dunia fotografi untuk menangkap objek gambar bergerak, teknik ini tergolong sulit karena membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam memotret objek yang sedang bergerak. Hasil yang didapatkan dengan teknik fotografi ini adalah tetap menghasilkan fokus yang sempurna terhadap objek dan background menjadi blur. Kendala yang sering dialami oleh fotografer pada saat memotret objek bergerak ini adalah masalah waktu, fotografer hanya memiliki sedikit waktu pada saat memotret objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi, apalagi kesempatan objek melewati area fotografer hanya sekali. Untuk mengakali hal ini kita dapat memanfaatkan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop untuk membuat foto dengan teknik panning photography ini, hasil yang didapatkan dengan mengolah dengan aplikasi tidak jauh beda bahkan bisa lebih bagus.

17

Pada tutorial kali ini kami akan membagi cara membuat foto dengan teknik panning photography, foto yang digunakan adalah foto sebuah mobil yang sedang bergerak lambat kemudian akan dibuat efek seakan-akan mobil tersebut sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Silahkan download foto mobil berikut ini sebelum mengikuti tutorial ini.

mobil balap tua

 

Baca juga: Tutorial Typography Design: Teks Dalam Teks

 

Seleksi Objek dengan Photoshop

Buka foto yang telah di download dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop, selanjutnya seleksi mobil yang terdapat di dalam foto. Seleksi dapat menggunakan beberapa pilihan selection tool seperti Quick Selection Tool, Polygonal Lasso Tool, dan Pen Tool. Selanjutnya klik Refine Edge yang terletak pada panel bagian atas.

seleksi dengan photoshop

 

Buat pengaturan seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik OK maka background pada gambar otomatis akan terhapus.

2

 

 

Membuat Efek Motion Blur

Membuat efek Motion Blur pada gambar background supaya gambar objek utama terlihat lebih fokus dan seakan-akan sedang melaju dengan kecepatan tinggi, sebelum membuat efek motion blur ini gambar objek pada background harus dihapus karena dapat menghasilkan bayangan pada foto. Untuk menghapus gambar objek pada background silahkan aktifkan layer Background terlebih dahulu.

3

 

 Edit Foto Smudge Painting dengan Photoshop

 

Gunakan Clone Stamp Tool kemudian hapus gambar objek, kamu tidak haru menghapus semua, cukup dengan menghapus pinggirannya saja.

4

 

Jika pinggiran objek sudah terhapus seperti gambar di atas selanjutnya barulah membuat efek motion blur. Pilih Filter>Blur>Motion Blur. Atur nilai Angle menjadi 0° dan nilai Distance menjadi 150 Pixels lalu klik OK.

motion blur dengan photoshop

 

Aktifkan kembali layer Background copy maka akan terlihat background dengan efek motion blur.

6

 

 

 

Menambah Efek Radial Blur

Efek radial blur diberikan pada area ban mobil, dengan memberikan efek ini maka ban mobil seakan-akan sedang berputar kencang. Untuk membuatnya terlebih dahulu membuat seleksi berbentuk lingakaran mengikuti lingkaran ban mobil.

7

 

Pilih Filter>Blur>Raial Blur kemudian atur nilai Amount menjadi 65, Blur Method : Spin dan Quality: Best

radial blur

 

Klik OK maka pada ban mobil akan terlihat efek motion blur.

radial blur

 

Lakukan hal yang sama pada bagian ban depan.

10

 

 

Seleksi bagian rumput yang terlihat pada jendela mobil kemudian berikan juga efek motion blur.

11

 

Tutorial Photoshop Mockup, Macbook Rasa Windows

 

Menambahkan Teks

Tambahkan teks untuk menambah nilai seni pada gambar, gunakan font Barbatrick dan berikan warna tulisan dengan warna hijau.

13

 

Buat outline berwarna putih pada tulisan dengan cara memilih ikon fx pada panel layer kemudian pilih Stroke, ubah warna menjadi putih. Berikan juga efek Drop Shadow untuk membuat bayangan pada tulisan.

14

 

Hasilnya akan menjadi seperti ini.

Panning Photography dengan Photoshop

 

Kamu juga dapat menurunkan nilai Fill untuk layer text menjadi 50%

16

 

Berikut ini adalah hasil akhir dari Tutorial Teknik Panning Photography dengan Photoshop

Panning Photography dengan Photoshop

 

Semoga tutorial ini bermanfaat.

 

Salam Erat!

Share This:

One comment on “Teknik Panning Photography dengan Photoshop

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *