Tutorial Typography Design: Teks Dalam Teks


Tutorial Typography Design: Teks Dalam Teks

Typography memberikan pengaruh yang besar dalam dunia desain grafis,  dimana typography (tipofrafi) adalah sebuah teknik yang digunakan dalam penataan dan pengaturan huruf-huruf pada area desain yang tersedia sehingga menghasilkan nilai seni beserta pesan yang tersampaikan dalam sebuah desain atau lebih dikenal dengan typography design. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tutorial typography design dengan tema “Teks Dalam Teks”, sesuai dengan namanya pada tutorial ini kita akan membuat sebuah desain teks dimana teks tersebut dibentuk oleh susunan teks-teks kecil lainnya.

 

Typography Design dengan Photoshop

 

Untuk membuat typography seperti gambar tersebut kita tidak membutuhkan file-file lain yang perlu di download, hanya perlu menentukan kata-kata tertentu yang akan disusun untuk membentuk sebuah tulisan utama, untuk membuatnya kita menggunakan aplikasi adobe photoshop. 

Langsung saja diikuti tutorial berikut ini.

 

Membuat File Baru di Photoshop

Buka Aplikasi Adobe Photoshop kemudian buatkan file baru dengan cara menekan Ctrl+N pada keyboard, berikan ukuran kertas sebesar 500×500 pixels.

 

1

 

Setelah membuat file baru selanjutnya berikan warna background menjadi abu-abu tua, kamu dapat menggunakan kode warna #3b3837. Gunakan Paint Bucket Tool (G) untuk membuat warna background menjadi abu-abu tua.

2

 

Baca Juga:

Tutorial Sketsa Wajah Pelangi dengan Photoshop

 

 

Membuat Kata-kata untuk Typhography

Pada langkah ini kita akan membuat susunan kata-kata kecil yang digunakan sebagai background dan juga sebagai pembentuk tulisan utama. Langkah pertama kita membuat konfigurasi untuk font, pilih Horizontal Type Tool (T) kemudian pilih jenis font dengan nama Courier New dengan ukuran 12 pt. Untuk warna font ganti menjadi warna abu-bu yang lebih terang, gunakan kode warna #a29692. Selanjutnya klik dan tahan kemudian tarik dari sudut ke sudut hingga membentuk text area seperti pada gambar berikut.

typography font

 

 

Ketik tulisan yang diinginkan, pada tutorial ini kami menggunakan tulisan indesain.com. Copy tulisan tersebut kemudian paste yang banyak hingga memenuhi text area.

typography font

Typography Design

 

Setelah memenuhi text area dengan tulisan selanjutnya gunakan Move Tool (V) untuk memiringkan tulisan yang telah terbentuk.

typography design

 

 

Membuat Teks Utama

Buatkan teks utama yang nantinya akan dibentuk oleh teks-teks kecil yang telah dibuat tadi, gunakan jenis font Bauhaus 93 dan atur ukurannya menjadi lebih besar hingga 500 pt.

6

 

Klik pada ikon “T” yang terdapat pada layer teks yang baru dibuat hingga tulisan tersebut terseleksi

7

 

Pilih layer tulisan kecil-kecil tadi kemudian tekan tombol Ctrl+C lalu Ctrl+V hingga terbentuk layer baru, yaitu Layer 1. Layer 1 tersebut merupakan layer dengan tulisan “id” yang terbentuk dari teks kecil tadi.

8

 

Matikan layer “id” dengan cara mengklik pada ikon mata yang terdapat di samping layer tersebut.

9

 

Pilih Layer 1 kemudian klik pada ikon fx yang terdapat pada bagian bawah panel layer, lalu pilih Color Overlay… Langkah ini bertujuan untuk membuat warna tulisan “id” menjadi lebih kontras.

10

 

Pada tampilan Layer Style dengan pilihan Color Overlay ganti warna menjadi putih dengan kode warna #ffffff. Klik pada kotak warna yang terletak disamping Blend Mode untuk mengganti warna. Jika sudah mengganti warna tersebut menjadi putih selanjutnya klik OK.

11

 

Sekarang pada gambar sudah terlihat tulisan “id” menjadi lebih kontras dibandingkan dengan tulisan yang dijadikan background.

typography design

Tutorial Photoshop, Single Shot Layaknya Film Action

 

 

Duplikat Layer1 dengan cara menekan Ctrl+J, langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kontras pada tulisan “id”

13

 

 

Buat Efek Gelap Sekeliling Gambar

Buat efek gelap sekeliling gambar supaya tulisan utama pada gambar terlihat lebih fokus. Pilih layer dengan posisi paling atas, yaitu layer “id” yang telah dinonaktifkan tadi, kemudian klik pada ikon lingkaran yang terdapat pada bagian bawah panel layer, lalu pilih Gradient…

14

 

Akan muncul panel Gradient Fill kemudian ganti style menjadi Radial, kemudian klik pada warna gradiasi yaitu pada bagian Gradient untuk mengganti warna.

15

 

Maka akan muncul tampilan Gradient Editor, pilih warna dengan gradiasi gelap dengan transparan. Untuk warna gelap gunakan kode warna #111111. Jika suda mengatur warna gradiasi selanjutnya klik OK.

16

 

Turunkan nilai Opacity layer gradient yang baru dibuat menjadi 60%.

17

 

 

Hasil Akhir Typography Design: Teks Dalam Teks

Untuk membuat gambar lebih menarik lagi tambahkan tulisan di bawah tulisan typography , berikan warna merah untuk tulisan tersebut. Maka kita sudah selesai membuat desain typography dengan photoshop.

typography design dengan photoshop

Tutorial Efek Infrared dengan Photoshop

 

Sekian Tutorial Typography Design: Teks Dalam Teks, semoga memberikan banyak manfaat untuk kita semua.

 

Salam Erat!

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *